Friday, May 20, 2016

9 Manfaat Diary Bagi Diri Sendiri

Manfaat diary sebenarnya sangat banyak untuk kehidupan kita gan, tapi saya akan menyebutkan manfaat-manfaat yang bisa saya rasain sendiri tentunya dari pengalaman saya sebagai penulis diary. Tanpa banyak basa-basi langsung kita ke TKP

1. Sebagai Teman Curhat




Jika para blogger disini gapunya temen curhat ataupun ga punya temen yang bisa dipercaya untuk mendengarkan curhatan kalian, ga perlu risau karena buku diary adalah jawabannya! Buku diary ga akan menertawakan ataupun mengejek curhatan kalian. Disini kalian bisa menceritakan keluh kesah harian kalian, kejadian senang ataupun sedih, dan kejadian tak biasa lainnya.

2. Pengurang Stress

 

Yup! Kejadian menyebalkan yang terjadi belakangan ini membuat kalian stress, mungkin salah satu solusinya adalah mencurahkan perasaan kalian kedalam tulisan. Dengan begitu pikiran stress akan terbagi-bagi dan pikiran tidak terlalu menanggung beban stress yang berlebihan.

3. Tempat Penyimpanan Memory



Pengalaman sedih, senang, terpuruk, lalu masa-masa sulit yang sekarang mungkin akan kalian lupakan di masa nanti. Apalagi kalau kalian bercita-cita untuk menjadi seorang wirausahawan, kalian bisa menunjukan pengalaman wirausaha kalian dari nol hingga kalian meraih kesuksesan. Tentunya juga ini bisa kalian jadikan sebagai bahan cerita kepada anak-anak kalian kelak :)

4. Mencatat Inspirasi


Pernahkah kalian menemukan rencana ataupun inspirasi tetapi saat kalian ingin melakukannya inspirasi itu hilang atau kita lupa apa yang kita pikirkan tadi? Mimin punya solusi bagi agan yang pelupa yaitu dengan menulis diary. Diary hendaknya di bawa kemana-mana karena saat ada kejadian tak biasa atau inspirasi datang kepada kita secara tiba-tiba kita bisa langsung menulisnya di buku ini sebelum inspirasi itu hilang.

5. Menulis Rencana Untuk Masa Depan



Bukan hanya untuk  menulis kejadian tak biasa saja, tetapi juga untuk menulis target hidup kita, contohnya dengan mencatat cita-cita kalian ataupun target hidup kalian di halaman pertama diary. Pasti ini akan memotivasi diri setiap kalian membuka dan membacanya supaya bisa mencapai tujuan tersebut dan juga supaya kita tidak lupa apa tujuan kita selama ini.

6. Belajar Dari Kesalahan Di Masa Lalu



Dengan menulis segala kejadian yang telah kita alami selama ini, tentu saja kita pasti akan melakukan kesalahan dalam menjalani hidup. Supaya kita tidak terjerumus kedalam lubang yang sama, bacalah kembali diary kalian dan ingat kembali kenapa kesalahan tersebut bisa terjadi, apa yang harus kita lakukan supaya kesalahan tersebut tidak terjadi lagi, dll.

7. Memperbagus Tulisan



Dengan menulis diary setiap hari tentunya kita akan terbiasa untuk menulis, dan ini akan berpengaruh terhadap bentuk tulisan kita. Mungkin kalian pernah di ejek oleh teman kalian karena tulisan kita jelek? Solusinya adalah menulis diary! Tentunya tulisan juga berpengaruh kepada nilai terutama bagi para pelajar dan mahasiswa, apalagi untuk mata pelajaran bahasa indonesia. Tulisan bagus akan menjadi nilai tambah tersendiri.

8. Belajar Merangkai Kata

Tentunya saat kita menulis sebuah diary, kita pasti akan merangkai kata-kata sendiri bukan? Kita tidak mencontek ataupun menjiplak kata-kata orang, semakin banyak kalian merangkai kata maka semakin bagus pula rangkaian kata yang kalian buat. Sehingga orang-orang bisa mengerti apa yang ingin kita sampaikan kepada sang pembaca, ini juga akan berpengaruh bagi kalian yang suka berpresentasi di depan kelas.

9. Melatih Ingatan



Bagi kalian yang tidak membawa buku diary kemana-mana, tentunya saat kalian akan menulis sebuah diary kalian akan mengingat-ngingat kembali kejadian apa yang telah terjadi kala itu. Mimin percaya makin lama kalian menulis diary, maka makin kuat juga ingatan kalian.

Sekian artikel dari mimin semoga bermanfaat, selamat menulis diary!

No comments:

Post a Comment